ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM (ABS): pengertian ABS dan Jenis-jenis ABS Pada Sepeda Motor
Pengertian Anti-lock Braking System (ABS)
ABS adalah rem anti-terkunci. Teknologi pada pengereman ABS mengatur agar tidak terjadi penguncian roda saat dilakukan pengereman mendadak (panic brake) sebab pengendara menarik handel rem atau menginjak pedal rem secara penuh.
Panic brke dapat diartikan pengereman secara mendadak yang biasanya terjadi karena terdapat penghalang di depannya sehingga pengendara secara spontan melakukan pengereman secara penuh. Hal tersebut membuat rem terkunci dan dapat berakibat terjadinya kecelakaan serta membahayakan pengemudi.
Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) bertujuan menghentikan pesawat terbang ketika pertama kali dirancang oleh French Automobile and Aircraft Pioneer pada tahun 1929. Penerapan sistem ABS pada sepeda motor baru dilakukan pada tahun 1958 oleh Royal Enfield.
Penggunaan teknologi sistem rem ABS bisa mengurangi tingkat resiko kecelakaan. Penggunaan rem ABS ini membuat rem lebih kuat mencekam terutama pada jalan aspal mendatar, lebih baik dalam pengendalian kendaraan, roda tidak mengunci, dan membuat jarak pengereman lebih baik.
Kelebihan Rem ABS Pada Sepeda Motor
1. Menggunakan sistem komputer sehingga lebih canggih dibandingkan rem lainnya.
2. Dapat digunakan untuk pengereman secara mendadak.
3. Dapat melakukan pengereman pada kondisi jalan yang licin.
4. Lebih aman karena proses pelepasan piringan remnya berlangsung secara cepat dan bergantian.
Kekurangan Rem ABS Pada Sepeda Motor
1. Pada kondisi jalan berbatu atau tidak rata, kinerja rem ABS menjai klurang optimal.
2. Kurang cocok digunakan untuk freestyle sepeda motor seperti stoppie.
3. Pengereman tidak dapat dilakukan pada jarak dekat.
4. Sistem rem ABS tidak akan bekerja optimal jika sensor terkena air atau basah.
Contoh sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi ABS dalam sistem remnya yaitu Honda CBR 250 RR, Honda PCX 150 ABS, Yamaha FreeGo 125, Yamaha Lexi 125 ABS, Yamaha Nmax ABS, Kawasaki Ninja 250 ABS, Suzuki GSX-R150, KTM Duke 200, KTM RC 250, Piaggio Medley ABS, dan Piaggio Liberty ABS.
Jenis-jenis Sistem Rem ABS Pada Sepeda Motor
Secara umum sistem rem ABS dibagi menjadi 3 jenis,yaitu jenis ABS satu channel, dua channel, dan ABS tiga channel. ABS satu channel terpasang pada salah satu roda saja, umumnya pada roda depan. ABS satu channel umumnya diaplikasikan pada sepeda motor berkapasitas mesin kecil. Untuk ABS dua channel bekerja pada dua roda, yaitu roda depan dan roda belakang. Pada umumnya, ABS dua channel ini digunakan pada sepeda motor dengan kapasitas mesin menengah sampai besar. Sedangkan ABS tiga channel adalah sistem rem ABS dua channel yang dikombinasikan dengan fitur lainnya, seperti CBS (Combi Brake System) pada honda. ABS tiga channel diaplikasikan pada sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.
Demikian artikel tentang ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM (ABS): pengertian ABS dan Jenis-jenis ABS Pada Sepeda Motor. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman tentang dunia otomotif. Salam otomotif.
0 Response to "ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM (ABS): pengertian ABS dan Jenis-jenis ABS Pada Sepeda Motor"
Post a Comment