CARA PERAWATAN DAN PERBAIKAN BAN SEPEDA MOTOR
PERAWATAN BAN SEPEDA MOTOR
Ban merupakan bagian yang sangat penting pada sepeda motor. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perawatan agar ban tetap awet sehingga memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam berkendara. Berikut ini beberapa cara perawatan ban sepeda motor.
1. Memeriksa Tekanan Udara Ban Secara Rutin
Untuk menjaga ban agar tetap dalam kondisi baik, salah satunya yaitu dengan memeriksa secara rutin tekanan udara pada ban. Tekanan udara pada ban yang kurang dapat menyebabkan performa motor menjadi kurang maksimal dan dapat menyebabkan bahan bakar menjadi boros. Selain itu, tekanan udara ban yang kurang juga dapat menyebabkan umur pakai ban menjadi pendek.
2. Memeriksa Kondisi Pentil Ban Secara Rutin
Pentil ban adalah lubang tempat keluar masuknya udara pada ban. Pemeriksaan pada pentil ban sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai pentil ban sepeda motor mengalami kebocoran. Jika pentil bocor, ban sepeda motor juga akan ikut bocor dan kempis. Pemeriksaan kebocoran pentil dapat dilakukan dengan meneteskan air sabun di atas lubang pentil. Jika terdapat gelembung udara yang keluar, berarti dapat diindikasikan bahwa pentil mengalami kebocoran.
3. Menggunakan Sepeda Motor dengan Baik
Untuk menjaga agar ban tidak cepat rusak, maka yang harus dilakukan salah satunya yaitu dengan menggunakan sepeda motor dengan baik dan benar, yaitu sebagi berikut.
a. Jangan melakukan gerakan zigzag atau gerakan yang tidak wajar.
b. Hindari beban yang berlebihan.
c. Pilih jalan yang baik dan hindari jalan berlubang yang dapat mengakibatkan ban bocor dan menjadi cepat rusak.
d. Jangan terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak yang dapat mengakibatkan terjadinya gesekan keras antara ban dan jalan.
4. Membersihkan Ban Secara Rutin
Bersihkan ban dari kerikil yang menempel pada pola tapak ban secara rutin setelah sepeda motor digunakan. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan air sabun atau disemprot udara bertekanan tinggi. Bersihkan kotoran yang menempel menggunakan majun atau kuas.
PERBAIKAN BAN SEPEDA MOTOR
Perbaikan ban sepeda motor dapat dilakukan dengan melepas ban secara konvensional atau menggunakan alat tire changer dan penambalan.
1. Melepas Ban Sepeda Motor Secara Konvensional
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika akan melepas ban.
a. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, yaitu kunci ring ukuran 12, 14, 17, 19, dan 22, cukit ban untuk melepaskan ban luar, kunci pentil untuk memudahkan saat membuka pentil ban, pompa udara untuk mengisi kembali udara pada ban, sikat kawat dan tang.
b. Lepaskan roda dari sepeda motor
c. Keluarkan udara dari dalam ban menggunakan kunci pentil.
d. Berikan kain sebagai alas ketika melepaskan ban luar agar pelek tidak lecet.
e. Lepaskan ban luar motor dengan cara mencungkilnya menggunakan cukit ban secara berurutan dan bertahap.
f. Lepaskan ban dalam jika ban berjenis tube type.
g. Tarik ban luar dari pelek dengan mengurutkan lingkaran bannya secara bertahap dan perlahan sampai semua terlepas.
h. Ketika akan memasang ban luar yang baru ke pelek, terlebih dahulu gunakan air sabun untuk membasahi dinding ban agar licin dan mudah dipasang.
i. Pasang kembali ban sesuai urutan yang merupakan kebalikan dari proses pelepasan.
2. Melepas Ban Sepeda Motor Menggunakan Tire Changer
Melepas dan memasang ban sepeda motor menggunakan alat tire changer dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.
a. Lepaskan roda dari sepeda motor.
b. Setelah roda terlepas dari motor, silahkan anda keluarkan udara yang ada di dalam ban dengan menggunakan kunci pentil.
c. Setelah udara dikosongkan, tekan sisi bagian dalam ban agar mudah dilepas dari pelek.
d. Letakkan ban sepeda motor pada tire changer sesuai dengan dudukan ban, kemudian kunci menggunakan pengunci di bagian bawah mesin yang berbentuk pedal.
e. Ratakan air sabun pada sisi bagian dalam ban untuk memudahkan pelepasan ban.
f. Gunakan alat penekan untuk menekan kembali, kemudian putar sampai ban terlepas dari pelek.
g. Pasang kembali ban baru sesuai dengan urutan yang merupakan kebalikan dari proses pembongkaran.
3. Memperbaiki (Tambal) Ban Jenis Tube Type
Proses perbaikan (tambal) ban jenis tube type dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.
a. Lepaskan ban dalam dari pelek dan ban luar.
b. Pompa ban dalam yang bocor.
c. Masukkan ban dalam yang sudah dipompa ke dalam wadah berisi air untuk mencari kebocoran. Buih atau gelembung air yang keluar merupakan pertanda terjadinya kebocoran pada ban.
d. Tandai kebocoran ban dengan batang lidi, korek api atau yang lainnya.
e. Kempiskan ban untuk mempersiapkan proses penambalan.
f. Bersihkan permukaan ban yang bocor.
g. Kikislah sedikit pada sekitar permukaan ban yang bocor dengan gergaji.
h. Lapisi bagian ban yang bocor dengan lem ban dan tutup dengan potongan ban bekas berbentuk persegi sesuai ukuran bagian yang dikikis.
i. Lakukan proses pemanasan lem ban dengan cara memanggang pada tungku pemanas. Selanjutnya ban yang ditambal ditekan atau dijepit di atas tungku pemanas dan tunggu hingga lem perekat matang.
j. Lepaskan ban dalam dari tungku pemanas dan diamkan beberapa saat.
k. Cek kembali ban dengan cara dipompa dan dimasukkan kembali ke dalam wadah yang berisi air.
l. Pasang kembali ban yang telah ditambal, kemudian pompa ban sesuai dengan udara yang ditentukan.
4. Memperbaiki (Tambal) Ban Jenis Tubeless
Metode tambal ban tubeless terdiri atas dua teknik, yaitu dari dalam dan dari luar. Penggunaan teknik dari dalam lebih dianjurkan karena tidak mengganggu kekuatan struktur benang di dalam ban.
Langkah-langkah penambalan ban tubeless dengan teknik dari dalam yaitu sebagai berikut.
a. Lepaskan ban dari pelek.
b. Bersihkan permukaan ban dan area ban yang bocor.
c. Lumuri bagian ban yang bocor dengan lem karet dan tempelkan karet tambal ban/rubber patch ke bagian yang bocor pada bagian dalam ban.
d. Gunakan alat pres khusus untuk melakukan pengepresan bagian ban yang sedang ditambal.
e. Jika sudah selesai, diamkan dan dinginkan ban menggunakan air sebelum ban digunakan kembali.
Demikian artikel yang berjudul PERAWATAN DAN PERBAIKAN BAN SEPEDA MOTOR. Semoga bisa menambah wawasan tentang dunia otomotif. Terimakasih teman-teman sudah membaca artikel dari kami. Salam Otomotif
0 Response to "CARA PERAWATAN DAN PERBAIKAN BAN SEPEDA MOTOR"
Post a Comment