SOAL SISTEM PELUMASAN SEPEDA MOTOR BESERTA KUNCI JAWABANNYA
Sistem Pelumasan – Halo sobat otomotif, pada tulisan kali ini Bang Iwan Otomotif akan berbagi informasi tentang soal sistem pelumasan sepeda motor. Sistem pelumasan merupakan salah satu sistem pada sepeda motor yang sangat penting yang berfungsi melumasi mesin sepeda motor.
Contoh soal sistem pelumasan sepeda motor ini kami bagikan untuk sobat otomotif yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sistem pelumasan sepeda motor. Baik tanpa panjang lebar kita langsung saja berikut contoh soal sistem pelumasan sepeda motor.
Soal Pilihan Ganda Sistem Pelumasan Sepeda Motor
1. Komponen sistem pelumasan yang berfungsi menampung oli sebelum digunakan adalah ....
a. panci oli
b. pompa oli
c. pendingin oli
d. dipstick
e. klep by-pass
2. Salah satu penyebab dari tinggi permukaan oli yang tidak normal adalah ....
a. drive sprocket pompa oli patah
b. oli jarang diganti
c. pompa oli aus atau rusak
d. kebocoran oli di sebelah luar
e. sil (valve guide) aus
3. Kekentalan oli mesin sepeda motor ditandai dengan kode ....
a. SEA (The Society Engineer of Auto-motive)
b. SOI (Society Automotive Indonesian)
c. SOE (Society Oli Engineers)
d. TAE (The Society of Automotive Engi-neers)
e. SAE (The Society of Automotive Engi-neers)
4. Tujuan pelumasan dalam sepeda motor adalah ....
a. mencegah keausan dan membentuk kerak dalam mesin
b. mencegah keausan dan membentuk karbon dalam mesin
c. mencegah keausan dan membentuk lapisan film dalam mesin
d. mencegah keausan dan kerusakan komponen mesin, memperlambat keausan
e. mencegah keausan dan membentuk lapisan dalam mesin
5. Komponen-komponen sepeda motor yang dilalui sistem pelumasan adalah ....
a. piston, ring piston, gear sprocket, pompa oli, transmisi, kopling
b. piston, ring piston, silinder, pompa oli, transmisi, kopling
c. piston, ring piston, silinder, pompa oli, transmisi, kopling kering
d. piston, ring piston, silinder, pompa bensin, transmisi, kopling
e. piston, ring piston, pompa oli, transmisi, kopling
6. Pemeriksaan yang dilakukan pada oli mesin adalah ....
a. volume dan keenceran oli mesin
b. volume dan warna oli mesin
c. volume dan kekentalan oli mesin
d. volume dan kaulitas oli mesin
e. volume dan kuantitas oli mesin
7. Fungsi pompa oli mesin sepeda motor adalah ....
a. menyuplai oli mesin ke seluruh komponen sistem pelumasan
b. menyuplai oli ke ruang bakar sepeda motor
c. menyuplai air ke sistem pendinginan mesin sepeda motor
d. menyuplai pendinginan ke kopling mesin sepeda motor
e. menyuplai oli pelumasan ke transmisi mesin sepeda motor
8. Cara melakukan pembersihan kerak oli di bak oli adalah ....
a. dikerok dengan sikat halus sampai kerak hilang kemusian dibersihkan dengan bensin dan dilap sampai bersih
b. dikerok dengan sikat baja kemudian dilap sampai bersih
c. dikerok dengan kawat besi lalu dilap dengan oli baru
d. dikerok dengan kawat besi sampai kerak hilang
e. dikerok dengan kawat bersih kemudian digosok dengan ampelas kasar
9. Sistem pelumasan campur diaplikasikan pada ....
a. sepeda motor 2 tak
b. sepeda motor 4 tak
c. sepeda motor bensin
d. sepeda motor diesel
e. sepeda motor listrik
10. Jika saringan diblok atau tertutup kotoran (tersumbat) sehingga oli tidak dapat mengalir dan melumasi bagian-bagian mesin, maka digunakan komponen ....
a. panci oli
b. klep by-klep
c. batang pemeriksa
d. saringan oli
e. tutup saringan oli
11. Digunakan utnuk melepaskan debu, kotoran, karbon, dan partikel lain di luar bahan oli serta menjaga kebersihan elemen adalah fungsi komponen ....
a. saringan oli
b. klep by-pass
c. batang pemeriksa
d. panci oli
e. tutup saringan oli
12. Gambar di bawah ini adalah komponen sistem pelumasan, yaitu ....
a. klep by-pass
b. batang pemeriksa
c. panci oli
d. tutup saringan oli
e. saringan oli
13. Sisa pembakaran (seperti H2O yang mengembun) masuk ke dalam bak oli dan bereaksi akhirnya menghasilkan lumpur yang merusak kualitas oli. Karbon yang tidak terbakar akan bercampur dengan oli dan mengendap menjadi ....
a. oli kotor
b. gas karbon
c. kotoran
d. kerak
e. karbon
14. Pekerjaan yang dilakukan pada gambar di bawah ini adalah ....
a. pemeriksaan dan perawatan saringan udara yang kotor
b. pemeriksaan dan perawatan saringan oli yang kotor
c. pemeriksaan dan perawatan pompa oli yang kotor
d. pemeriksaan dan perawatan pendingin oli yang kotor
e. pemeriksaan dan perawatan sistem klep by-pass yang kotor
15. Komponen-komponen sepeda motor yang memerlukan pelumasan oli mesin adalah ....
a. bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, float chamber
b. bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, permukaaan dalam silinder
c. bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, permukaan float chamber
d. bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, tappet
e. bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, float
Soal Essay Sistem Peluimasan Sepeda Motor
1. Sebutkan masalah yang dapat terjadi pada klep by-pass sistem pelumasan ?
2. Sebutkan kerusakan yang dapat terjadi pada sistem pelumasan sepeda motor ?
3. Sebutkan akibat yang terjadi jika busi mati dan tidak dilakukan perawatan berkala ?
4. Bagaimana cara melakukan perawatan bak oli yang terdapat kerak atau karbon ?
5. Mengapa oli mesin harus diganti secara rutin ?
6. Jelaskan perawatan insidental pada sistem pelumasan sepeda motor!
7. Jelaskan cara melakukan penggantian oli yang benar!
8. Jelaskan cara perawatan saringan oli yang benar!
9. Jelaskan urutan pemeriksaan sistem pelumasan sepeda motor!
10. Sebutkan komponen mesin yang termasuk perawatan berkala sistem pelumasan sepeda motor!
Demikianlah artikel tentang Soal Sistem Pelumasan Sepeda Motor. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat otomotif semuanya. Terimakasih sudah membaca artikel dari blog kami ini.
"Take a virtual tour of the auto show with exclusive news and reviews of future vehicles—access only with a monthly subscription!" let's visit our website here https://otomotif71.wordpress.com/
ReplyDelete